Rabu, 14 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Politik & Pemerintahan

Penyusunan Raperda LP2B, Pemkab Jombang Janji Tak Gagal Lagi

Rabu, 07 Nov 2018 16:10 | editor : Mardiansyah Triraharjo

Wakil Bupati Jombang Sumrambah

Wakil Bupati Jombang Sumrambah (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG – Kondisi lahan pertanian produktif di Kabupaten Jombang yang makin menyusut, harus segera dijadikan persoalan serius. Wakil Bupati Sumrambah berjanji akan membuat payung hukum terkait perlindungan lahan tersebut.

Bahkan, Raperda tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) harus tuntas 2019 mendatang.  

”Sebenarnya kita terus mendorong agar ini segera dibahas,’’ ujarnya kemarin (6/11). Sumrambah tak menampik jika banyak lahan produktif yang jumlahnya semakin berkurang.

Mulai dijual kavling untuk perumahan, hingga digunakan sebagai lahan usaha. Karena itu harus segera dibahas dengan regulasi khusus, agar keberadaan tanah produktif bisa bertahan.

Namun demikian, ia menyebut belum dibahasnya Raperda LP2B tahun ini dikarenakan masih ada beberapa raperda yang bersifat lebih urgen.

”Kita prioritaskan yang lebih urgen dulu, agar pemerintahan ini bisa berjalan lebih optimal dan baru setelah itu akan kita bahas lahan pertanian pangan berkelanjutan,’’ papar alumnus Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya (UB) ini.

Disamping mempertimbangkan sisi urgensi, ia juga menyebut ada peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah yang harus menyesuikan tata ruang oleh pemerintah pusat dan provinsi.

Sehingga pemkab masih butuh waktu untuk melakukan kajian sebelum menetapkan tentang peta dan tata ruang di Jombang. ”Insya Allah tahun depan kita kerjakan, karena berkaitan dengan tata ruang kita,’’ papar dia.

Saat ditanya rencana pemkab mengambil alih pembahasan regulasi, dengan menjadikan raperda partisipatif (usulan pemkab), karena sejak dua periode digarap DPRD Jombang selalu gagal, ia tak menjawab dengan jelas. ”Insya Allah tahun depan tidak gagal lagi. Mohon doanya,’’ pungkas Surambah. (*)

(jo/ang/mar/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia