Jumat, 16 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Peristiwa

Pengunjung Wisata Sumber Biru Membludak di Hari Libur

Senin, 05 Nov 2018 11:33 | editor : Binti Rohmatin

BERJUBEL: Pengunjung memadati wisata Sumber Biru di Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam kemarin.

BERJUBEL: Pengunjung memadati wisata Sumber Biru di Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam kemarin. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG – Ribuan pengunjung berjubel memadati wisata Sumber Biru  di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, kemarin (4/11).

Wisata yang menyajikan konsep piknik di atas sungai ini memang mulai dikenal para pengunjung dari luar daerah beberapa minggu terakhir.

Tak hanya pengunjung lokal, pengunjung yang memakai roda empat dari luar Jombang juga memadati jalan lingkungan dusun maupun rumah rumah warga yang dipakai tempat parkir.

Paulus Priono, 46 salah satu pengelola mengatakan, jumlah pengunjung meningkat tajam pada akhir pekan antara Sabtu dan Minggu.

"Kalau hari Minggu bisa sampai 1.000 orang. Tapi kalau hari hari biasa antara 200-300 an," ujar dia.

Untuk masuk ke wisata tersebut, pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 3.000. Biaya tersebut plus parkir dan masuk ke area wisata.

Di dalam loaksi, pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas yang disiapkan pengelola.

Seperti, tempat bersantai di atas sungai, makan di pinggir sungai dengan nuansa alam yang sejuk hingga beberapa rumah kurcaci untuk swafoto.

"Sementara untuk fasilitas kita terus berbenah. Karena kita hanya mengandalkan biaya dari uang masuk untuk membangun beberapa fasilitas," tambah dia.

Dia mengaku, area wisata yang berada di pekarangan milik warga itu dikelola sendiri oleh komunitas wisata yang anggotanya warga setempat. Sehingga sumber dana untuk membangun wisata masih minim.

"Ini adalah upaya kita untuk membantu perekonomian warga. Karena, warga bisa berjualan makanan, kopi dan minuman di wisata Sumber Biru," papar dia. (*)

(jo/ang/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia