Rabu, 14 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Peristiwa

DPRD Jombang Rencana Datangi BPJS Terkait Tunggakan di RSUD

Jumat, 02 Nov 2018 10:04 | editor : Binti Rohmatin

Logo BPJS

Logo BPJS (google image)

JOMBANG – Banyaknya keluhan masyarakat atas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan klaim RSUD puluhan miliar yang belum dibayar BPJS, direspons DPRD. Dalam waktu dekat, komisi D DPRD Jombang akan mendatangi BPJS pusat.

”Memang masih banyak keluhan masyarakat terkait pelayanan BPJS kesehatan,” ujar M. Syarif Hidayatullah, Ketua Komisi D DPRD Jombang kemarin.

Dijelaskan, adanya kebijakan baru  BPJS dan tidak dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, membuat masyarakat menjadi bingung. Sehingga, mereka (masyarakat, Red) menyampaikan keluhan ke DPRD Jombang.

”Untuk itu, kami pada Selasa lalu (30/10), kami meminta rekomendasi ke BPJS Mojokerto,” katanya.

Menurutnya,  untuk bisa hearing dengan BPJS Pusat, harus ada rekomendasi  BPJS Mojokero terlebih dahulu. ’’Intinya kami ingin tahu pelayanan BPJS ke depannya itu seperti apa. Jangan sampai membuat masyarakat menjadi resah maupun kebingungan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mempertanyakan klaim RSUD Jombang yang belum terbayarkan hingga belasan miliaran rupiah.

Karena, setelah Komisi D melakukan hearing dengan RSUD kondisi keuangan RSUD agak terganggu karena tunggakan BPJS Kesehatan tersebut.

”Memang setelah melakukan hearing dengan RSUD, ada tunggakan hingga puluhan miliar. Untuk itu kami ingin membantu pihak RSUD juga,” ungkapnya.

Apabila keuangan RSUD terganggu, menurut Syarif, maka pelayanan kepada masyarakat juga akan terganggu. Ujung-ujungnya akan merugikan masyarakat. ”Jangan sampai nantinya kasus di Situbondo terjadi di Jombang,” tegasnya.

Pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat khsusunya pengguna BPJS Kesehatan agar tetap membayar iuran secara rutin, tidak boleh telat. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang tidak membayar iuran.

”Jadi harapan kami setelah hearing masalah terkait BPJS Kesehatan bisa diselesaikan,” pungkasnya. (*)

(jo/yan/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia