Jumat, 16 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Kota Santri

Soal Kelangkaan Elpiji, Pertamina Jamin Aman

Selasa, 28 Aug 2018 21:45 | editor : Binti Rohmatin

ainul hafidz

ilustrasi LPG (ainul hafidz)

JOMBANG - PT Pertamina menjamin stok elpiji 3 kg di Jombang aman. Sebelum Hari Raya Kurban, PT Pertamina sudah menambah pasokan hingga 200 persen alokasi harian atau setara 57.120 tabung.

’’Kalau alokasi normal 56 ribu tabung. Pertamina  sudah memasok 113.120 tabung,’’ kata Yodha, SE Rayon 2 (Jombang dan Mojokerto) Gasdom Region V Surabaya.

Dijelaskan, ini dilakukan untuk build up stock kebutuhan memasak selama Idul Adha dan hari kemerdekaan 17 Agustus. Setelah hari raya kurban, PT Pertamina juga mengalokasikan tambahan.

Lebih rinci dia menyebutkan untuk wilayah Jombang terdapat 26 agen dan 257 pangkalan yang tersebar merata di seluruh wilayah Jombang.

’’Adapun jalur distribusi resmi penyaluran elpiji hanya sampai batas pangkalan, agar kualitas terjamin dengan HET (harga eceran tertinggi, Red) sebesar Rp 16 ribu,’’ imbuh Yodha.

Ini berdasarkan aturan yang ada. ’’Yakni pergub nomor 46 tahun 2017,’’ sebut dia. Untuk level pengecer kata dia, memang dibatasi agar harga dapat dikontrol dan penyaluran sesuai dengan peruntukan.

Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang bersama PT Pertamina sebelumnya juga sudah bersama-sama melakukan sidak ke sejumlah rumah makan dan restoran. Tujuannya untuk memastikan tidak ada penyelewengan penggunaan elpiji 3 kg dalam level konsumen.

’’Dari hasil sidak masih ditemukan penggunaan elpiji 3 kg yang tidak sesuai peruntukkannya,’’ sambung  Purwanti, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan, Dinas Perdagangan Kabupaten Jombang.

Selain itu, lanjut Yodha, PT Pertamina akan menambahkan ekstra stok untuk 29 Agustus sebanyak 17.360 tabung agar kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

’’Jadi total penambahan selama Agustus mencapai 101.261 tabung. Diharapkan jangan sampai ada penyalahgunaan di rumah makan dan juga sektor pertanian yang menggunakan elpji yang bukan merupakan haknya,’’ beber Yodha.

PT Pertamina bersama Disdag Jombang juga sudah berkomitmen untuk menjaga pasokan dan memastikan tidak ada penyalahgunaan elpiji 3 kg.

’’Jadi kita telah berkomitmen untuk menjaga dan memastikan tidak ada penyalahgunaan elipji 3 kg yang diperuntukkan ke rumah tangga dalam kategori kurang mampu dan usaha mikro yang memiliki omzet maksimal Rp 300 juta dalam satu tahun,’’ pungkasnya.

(jo/fid/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia