Jumat, 16 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Sportainment

Tak Diminati Siswa, Atlet Senam Lantai di Jombang Sangat Terbatas

Selasa, 25 Jul 2017 08:20 | editor : Binti Rohmatin

PEMULA: Senam lantai dikenalkan sejak dini agar berkelanjutan.

PEMULA: Senam lantai dikenalkan sejak dini agar berkelanjutan. (RICKY VAN ZUMA/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG – Tidak banyak siswa SD di Kota Santri yang serius menekuni olahraga senam lantai. Hanya beberapa kecamatan yang fokus membina pelajar berbakat senam. Seperti yang terlihat di SDN Gabus Banaran Tembelang kemarin (24/7), tak sampai 10 anak yang mengikuti ekstra olahraga senam lantai ini.

”Hanya ada delapan anak yang minat mengikuti olahraga ini. Kalau olahraga bola voli hampir semua anak ikut,” ujar Sugeng Subagya, guru olahraga. Rendahnya minat pelajar SD terhadap senam lantai itu menurutnya karena faktor minimnya bibit atlet senam lantai di Kabupaten Jombang. Selain itu, pengajar olahraga kebanyakan lebih memfokuskan anak didiknya pada olahraga populer lain.

”Saya sebelumnya mengajar di SDN Karangpakis Kabuh. Saat dipindah tugas kesini baru saya mulai membina anak-anak untuk menekuni senam lantai,” ungkapnya. Ia menambahkan untuk mencetak atlet handal harus dimulai sejak dini termasuk pada jenjang  SD. ”Tidak ada yang instan, butuh latihan bertahun-tahun hingga benar-benar menguasai teknik dan gerakan senam lantai,” tegas Sugeng. 

(jo/ric/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia