Jumat, 16 Nov 2018
radarjombang
icon featured
Kota Santri

Sebulan Beroperasi, Aktivitas Galian C di Jombang Tak Berizin

Rabu, 19 Jul 2017 09:35 | editor : Binti Rohmatin

TERUS DIGALI: Puluhan hektare lahan di Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang terus dikeruk.

TERUS DIGALI: Puluhan hektare lahan di Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang terus dikeruk. (ANGGI FRIDIANTO/JAWA POS RADAR JOMBANG)

JOMBANG - Keberadaan aktivitas galian di Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang patut dicermati. Pasalnya, hampir sebulan ini sudah beroperasi, tapi izin pertambangan masih belum jelas.

”Ini sudah mulai sekitar satu bulan lalu, setiap hari beroperasi membawa muatan tanah uruk,’’ celetuk Arif, warga yang melintas. Ia menjelaskan, pengerukan tanah tersebut berasal dari area pabrik peternakan ayam di desa setempat. Tanah tersebut diangkut ke arah Desa Watudakon Kecamatan Kesamben.

Tak pelak jika setiap hari jalanan di desa setempat penuh dengan debu yang bertebaran. ”Setiap hari selalu berdebu. Apalagi tidak ada hujan membuat debu semakin parah,’’ sambungnya. Secara pasti, ia tak mengetahui aktivitas penggalian tersebut sudah mengantongi izin apa belum. Yang jelas, di lokasi setempat ada sebuah alat berat excavator untuk mengeruk tanah.

(jo/ang/bin/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia